Structure Skill: Noun clause connector/Subject (Skill 8)
Pelajaran Sebelumnya: Noun Clause Connector (Skill 7)
Pada skill sebelumnya (Skill 7) A noun clause connector (whom, what dan which) hanya berfungsi sebagai connector.
(English Version)
(English Version)
Di skill 8 (Noun clause connector/subject), Noun Clause Connector tidak hanya berfungsi sebagai Connector tapi pada saat yang bersamaan juga berfungsi sebagai Subject. Perhatikan kalimat di bawah ini:
Analisa:
Pada kalimat pertama terdapat dua kalimat/klausa: I know dan what happened yesterday. Kedua kalimat ini di hubungngakn oleh Connector what.
Pada kalimat ke dua (what happened yesterday) dari kedua contoh di atas. What juga berfungsi sebagai Subject dari kalimat tersebut. Sedangkan happened berfungsi sebagai verb.
Pada kalimat pertama terdapat dua kalimat/klausa: I know dan what happened yesterday. Kedua kalimat ini di hubungngakn oleh Connector what.
Pada kalimat ke dua (what happened yesterday) dari kedua contoh di atas. What juga berfungsi sebagai Subject dari kalimat tersebut. Sedangkan happened berfungsi sebagai verb.
Perhatikan contoh di bawah ini.
The company was prepared for ________ happened with the economy.
(A) it
(B) the problem
(C) what
(D) when
Analisa:
- Kalimat diatas memiliki dua buah klausa yaitu "The company was prepared for" dan " ........... happened with the economy.
- Klausa ke dua "................happened with the economy" kurang lengkap karena belum memiliki subject sekaligus connector yang berfungsi menghubungkan kedua kalimat.
- Jawaban yang tepat adalah what (c) karena ini bisa berfungsi sebagai Subject dan connector.
Chart dibawah ini menunjukan bagaimana Noun clause connectors/subject di gunakan dalam kalimat.
EXERCISE 8:
Perhatikan soal-soal dibawah ini dan tentukan apakah kalimatnya benar (Correct) atau salah (Incorrect).
1. The teacher heard who answered the question. (C)
Analisa:
- Kalimat pertama "The teacher heard" benar karena The teacher subject and heard verbnya. Kalimat kedua "Who answered the phoned" juga benar karena who berfungsi sebagai subject and answered sebagai verbnya. Pada saat yang bersamaan Who juga berfungsi sebagai connetor.
- Jadi kalimat di atas sudah benar.
2. I do not understand it went wrong. (I)
Analysis:
- Kalimat pertama "I do not understand" sudah benar karena I subject dan do not understand verb. Kalimat kedua "it went wrong" salah karena tidak ada connector sekaligus subject.
- Kalimat yang benar seharusnya: I do not understand what went wrong.What berfungsi sebagai subject dan juga connector, sementara went nya sebagai verb,
3. Of the three movies, I can’t decide which is the best. (C)
Analisa:
- Di kalimat pertama, I sebagai Subject dan can't decide sebagai verb. Di kalimat kedua, which sebagai connector sekaligus subject dan is sebagai verb,
4. She did not remember who in her class. (I)
Analisa
- Di kalimat pertama, She sebagai subject dan did not remember sebagai verb. Dikalimat kedua, who sebagai connector dan juga subject tapi tidak ada verbnya,
- Kalimat ayng benar seharusnya .................who was in her class.
5. No one is sure what did it happen in front of the building. (I)
Analisa:
- Kalimat pertama sudah benar karena No one adalah subject dan is adalah verb, tapi kalimat kedua salah karena ada did dan it. Did dan it seharusnay di hapus dan verb "happen" menjadi bentuk lampau "happened".
- Jadi kalimat yang benar seharusnya: .......what happened in front of the building.
6. We found out which was her favorite type of candy. (C)
Analisa:
- Di kalimat pertama, We sebagai Subject dan found out sebagai verb. Di kalimat kedua which sebagai connector sekaligus sebagai subject sementara verbnya adalah was.
7. Do you know what caused the plants to die? (C)
Analisa:
- Di kalimat pertama you sebagai subject dan know sebagai verb. Di kalimat kedua, what sebagai connector sekaligus sebagai subject sementara verbnya adalah cause.
8. I am not sure which it is the most important course in the program. (I)
Analisa:
- Kalimat kedua salah karena double subject: which dan it. It nya di hilangkan sehingga which berfungsi sebagai subject sekaligus connector.
- Kalimat yang benar seharusnya which is the most important course in the program.
9. We thought about who would be the best vice president.(C)
Analisa:
- Di kalimat pertama, We sebagai subject dan thought about sebagai verb. Dikalimat kedua Who sebgaai connector sekaligus sebagai subject sedangkan verbnya adalah would be.
10. She saw what in the box in the closet. (I)
Analisa:
- Kalimat pertama "She saw" sudah benar. Kalimat kedua what sebagai connector sekaligus sebagai subject, tapi verbnya tidak ada. Jadi kalimat di atas salah.
- Kalimat yang benar seharusnya: what is in the box in the closet.
Silakan Beri Komentar atau Pertanyaan!
Post a Comment